Kamis, 28 Mei 2015

Peralatan dan bahan Untuk menginstall Sistem Operasi windows

Peralatan dan bahan Untuk menginstall Sistem Operasi windows


Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.


Seperti yang kita ketahui dalam menginstall Sistem operasi ada peralatan/bahan yang harus kita penuhi,dan disini saya akan membahas tentang hal tersebut.

1.Bahannya adalah
DVD Installer Windows 

2.Alatnya
Bisa Menggunakan DVD ROM Atau Flashdisk yang sudah berisi File Iso Installer Windows 7




Urutan Proses Instalasi Sistem Operasi Komputer
  1. Persiapan alat dan bahan yang di perlukan, 1 unit komputer Personal Computer (PC) yang terdiri dari CPU, monitor, mouse, keyboard, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan anda.
  2. Menyiapkan CD/DVD boot table sistem operasi yang original ataupun bajakan (lebih bagus yang original), dan CD / DVD driver komputer anda.
  3. Hidupkan PC melalui tombol power pada cpu, kemudian masuk pada menu bios dengan menekan tombol del atau f2 (sesuai bios masing-masing).
  4. Atur boot priority pada CD/DVD room atau sesuai dengan media instlasi yang anda gunakan. kemudian f10 untuk save dan exit.
  5. kemudian komputer akan merestart komputer dan press any key untuk memulai boot auto run sistem operasi.
  6. Maka tampilan instalasi sistem operasi akan di mulai, klik instal now / install from boot text (sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan)
  7. Kemudian, pada proses persetujuan instalasi dan persyaratan centak agree dan next
  8. Hal yang biasa di lakukan saat penginstalan sistem operasi yaitu next hingga pada bagian partisi harddisk, bagi harddisk sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan partisi primary, sistem dan sekunder. dan next.
  9. Kemudian, proses instalasi / memuat sistem operasi akan berlangsung, tunggu beberapa saat hingga finalisasi kemudian atur waktu dan zona daerah anda, username PC, Password dan finish.
  10. Langkah akhir yaitu instalasi Driver pada PC dan program yang dibutuhkan.

6 komentar:

  1. mau nanya...sebelum instal os kan ada cek spesifikasi.nah disana kan ada hardisk,processor dan ram...saya mau nanya tentang yang harddisk .itu gmna penjelasannya??...mksi

    BalasHapus
  2. Harddisk drive itu tempat penyimpanan data secara internal/external dan bisa juga dibuat beberapa partisi/bagian lain

    Karna di harddisk lah kita bisa buat sebuah sistem operasi

    BalasHapus
  3. Harddisk drive itu tempat penyimpanan data secara internal/external dan bisa juga dibuat beberapa partisi/bagian lain

    Karna di harddisk lah kita bisa buat sebuah sistem operasi

    BalasHapus
  4. Ap bisa menginstall pakai cd bootable kak. .?

    BalasHapus