Selasa, 21 Juli 2015

Aplikasi Pengolah Kata (Word Processing)

kali ini saya akan mencoba mengupas tentang aplikasi pengolah kata. Seperti yang kita semua tahu, aplikasi ini sangat diperlukan pada saat kita akan membuat makalah, laporan, artikel atau sekedar iseng saja. Mungkin bagi kalian aplikasi pengolah kata hanya MS Word (microsoft word) saja. Ya, ini karena aplikasi ini memang sangat familiar dan digunakan di sistem operasi berbasis windows yang banyak digunakan di Indonesia khususnya kantor dan sekolah-sekolah. Tapi apa kalian tahu aplikasi pengolah kata (Word Prosesing) selain MS Word?? Ok, bagi yang belum tahu, kini waktunya saya ngasih tau dan yang udah tau bisa ngasih kritik dan saran.

Ini dia daftar Aplikasi Pengolah kata selain MS Word:



  • NOTEPAD


Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan sistem operasi Windows. Jadi setiap menginstal Windows notepad biasanya otomatis akan ter-instal.
Notepad merupakan editor teks yang sederhana, Notepad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode program atau merubah konfigurasi contohnya untuk merubah HTML.
Kelebihan :
1. notepad bisa digunakan untuk mengetikkan script php,html,sql,dll
2. notepad bisa digunakan untuk mengunci folder dan bahan design classic.
3. Formatnya bisa diubah-ubah sesuai jenis bahasa komputer yg kita inginkan
4. kecepatan dan kemudahan dalam pengoperasinya juga mudah digunakan
Kekurangan:
1. merupakan text editor paling sederhana (basic text editor)
2. penggunaan karakter terbatas
3. tidak dapat menampilkan tabel, gambar, dan karakter khusus
4. bersifat manual

  • WORDPAD


Wordpad sendiri merupakan aplikasi pengolah kata bawaan dari sistem operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, Wordpad mempunyai fitur yang lebih lengkap dari saudaranya yaitu Notepad karena Wordpad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, obyek, memformat tulisan, meratakan paragraf, memasukan bullet dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad. Namun ada terdapat kelemahan-kelemahan pada wordpad dan tampilan wordpad tidak begitu menarik tetapi disamping itu wordpad memiliki fitur yang sangat sederhana dan sangat efisien sehingga user tidak perlu mencari jauh-jauh tool untuk melakukan pengeditan pada lembar kerja.


  • StarOffice Writer

StarOffice Writer adalah program aplikasi pengolah kata yang hampir mirip dengan Microsoft Office perbedaannya hanya terletak pada extensinya saja. Jika MS Word menggunakan extensi .doc maka StarOffice Writer menggunakan extensi .odt namun bisa diganti menjadi .doc. StarOffice mengkombinasikan fungsi pengolah kata, HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, e-mail, news reader, penjadwalan atau agenda dan database.
StarOffice dapat dijalankan pada sistem operasi berbasis Windows dan Mac OS (Apple).
Kelebihan:
1. Powerfull dan Full Features.
2. Memiliki banyak aplikasi.
3. Integrasi aplikasi office.
4. Kompatibel dengan Ms. Office.
5. Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll.
6. StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
7. Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-     download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
8. Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.
kekurangan:
1. Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.

  • AbiWord
Sama seperti Open Office, Abiword merupakan aplikasi yang berlisensi GPL dan dikembangkan oleh komunitas OpenSource. Program ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mendownload dari situs resminya di www.abiword.org secara gratis. Abiword mempunyai ukuran kecil yaitu sekitar 5 MB.


  • KWord

Aplikasi ini menggunakan lisensi GPL dan dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan di sistem operasi berbasis Linux. Aplikasi pengolah kata ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. KOffice juga menyediakan aplikasi pengolah kata yakni KWord, KSpread untuk spreadsheetr, KPresenter untuk presentasi, KChart untuk chart dan KFormula untuk formula editor.
Dilihat dari segi kebutuhan pengguna,KWord memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat memadai untuk ukuran pemakaian standar.Beberapa kemampuan yang dimiliki KWord adalah sebagai berikut :

· Mengedit dan memformat teks standar,seperti jenis huruf,warna,atribut,dan efek supersript dan subscript.
· Mengatur paragraf,seperti mengatur alignment,spacing,in-dentation,font,dan lain-lain.Pengaturan paragraf juga dapat dilakukan dengan menggunkan Style.
· Menggunakan Frame Orientation,dimana dapat disisipkan banyak frame dan menghubungkan frame yang satu dengan frame yang lain.Kemudian,pengguna dapat menggatur aliran teks dari frame-frame tersebut.
· Membuat kolom lebih dari satu di halaman dokumen.
· Mengedit rumus dengan menggunakan editor rumus.
· Menyisipkan tabel,gambar,dan komponen-komponen KOffice lainnya.
· Mengatur agar teks mengitari frame.
· Menambahkan Header dan Footer.
· Menambahkan Endnote.
· Membuat penomoran bab secara otomatis.
· Menggunakan Mail Merge untuk membuat surat massal.
· Perintah untuk koreksi otomatis ( AutoCorrect ) dan spelling checker.
· Menampilkan sturktur dokumen.
· Menggunkan Template

  • Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan memiliki tampilan hampir mirip seperti MS Word. Atlantis mendukung format-format extensi seperti Document (doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan format text standar (txt).


  • WordStar

WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan  Wordstar  hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.


  • Word Perfect

Word Perfect merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada OS. Windows ).  WordPerfect memiliki kelebihan seperti kode streaming arsitektur,  Reveal Codes fitur, dan sangat user-friendly makro untuk bahasa scripting,. Program Word Perfect juga mampu membaca file dari Ms. Word
Kelebihan :
1. Tampilan dapat diatur dengan mudah, karena kita dapat mengaksesbantuan secara online.
2. Dapat membaca file yang dibuat di microsoft office (Word, Excrl, Powerpoint).
3. Harga lebih murah dibandingkan microsoft word.
Kekurangan :
1. Komputer yang digunakan harus memiliki memorio minimal 128MB
2. Komputer yang digunakan harus memakai processor pentium3 atau sederajat.


  • Chi Writer

Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil.


  • Lotus Word Pro

lotus Word Pro merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang dilkeluarkan olehIBM(International Business Machines).Lotus SmartSuite adalah sebutan untuk Lotus Word Pro yang dikeluarkan Lotus bersama aplikasi Lotus lainnya.Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus SmartSuite adalah Lotus Word Pro,Lotus 1-2-3,Lotus Freelance Graphics,Lotus Approach,Lotus Organizer,Lotus FastSite,dan Lotus SmartCenter.
Aplikasi Aplikasi Lotus SmartSuite dapat dijalankan di komputer yang berbasis Windows.
Kelebihan :
1. Dapat mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word.
2. Dapat membuka file dari beberapa aplikasi pengolah kata lain.
3. Memungkinkan pengguna mendiktekan teks yang ingin diketikkan secara langsung.
4. Memiliki fasilitas Helpfull menu finder yang membantu penggunamenemukan perintah yang ada     pada Ms. Word dan WordPro.
5. Memiliki fasilitas yang berhubungan dengan internet. Sehingga penggunadapat langsung mengirim email dari jendela WordPro.
6. Memiliki kemampuan untuk membuat File HTML.
7. Word dikeluarkan dalam bentuk  Microsoft Office yang berisis amplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, Microsoft PowerPoint.
Kekurangan :
1. Kelemahan aplikasi ini adalah membutuhkan spesifikasi perangkat keras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar